Tuesday 11 November 2014


http://images.detik.com/content/2013/10/30/1440/wifi.jpg
 Banyak pengguna saat ini menggunakan koneksi internetnya dengan WiFi. Lalu bagaimanakah jika melalui koneksi satelit? Apakah hal tersebut baru atau sudah ketinggalan jaman?

Saya mau bertanya mengenai koneksi internet lewat satellit, apakah hal tersebut merupakan hal yang ketinggalan jaman atau merupakan hal yang baru, jadi pakai DVB card. (Setiawanwahyu27, 43th)

Jawaban [Alfons]:

Bung Setiawan yang berbahagia,


Sebenarnya tujuan kita mendapatkan koneksi internet sangat simpel. Ingin mendapatkan koneksi yang paling cepat, handal dengan biaya yang semurah mungkin. Teknologi internet satelit merupakan teknologi lama, namun penyempurnaan selalu dilakukan sampai saat ini untuk meningkatkan kualitas dan kehandalannya.

Ada prinsip dasar dimana secara fisik koneksi melalui kabel pasti lebih handal daripada koneksi nirkabel dan tidak ada ceritanya koneksi nirkabel bisa lebih handal dari koneksi kabel. Walaupun di beberapa tempat di Indonesia masih kita temui banyak warnet/perusahaan yang terkoneksi ke internet lebih mengandalkan WiFi daripada kabel, namun kelihatannya penyebabnya adalah masalah regulasi dan biaya. Bukan karena nirkabel lebih handal daripada kabel.

Saya pernah menggunakan jasa internet baik melalui satelit, WiFi dan kabel dan pengalaman saya adalah dibandingkan koneksi kabel kualitas dan kehandalan koneksi nirkabel lebih rendah. Kalau hujan besar koneksi terganggu, interferensi dari gelombang radio lain yang di kota besar seperti Jakarta sangat padat bisa mempengaruhi kualitas koneksi, kadang-kadang awanpun bisa menurunkan kualitas koneksi internet satelit

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts