Saturday 8 November 2014

http://images.detik.com/content/2014/09/01/1440/virus1.jpg
Setelah saya membaca uraian bapak mengenai cryptolocker di detik.com. Saya ingin tanya, bagaimana saya melindungi komputer saya dari ancaman cryptolocker? Lalu bagaimana saya mengetahui bahwa komputer saya 'terserang' cryptolocker? (Okky Septa)

Jawaban:

Terimakasih atas pertanyaan anda. Sebenarnya secara teknis ransomware dengan nama Cryptolocker sudah tidak ada lagi karena pembuatnya sudah ditangkap oleh FBI bekerjasama dengan para penegak hukum internasional. Namun kabar buruknya, ibarat seperti bisnis kartel obat bius yang menggiurkan karena memberikan keuntungan sangat besar dimana setiap kali pimpinan kartel berhasil ditangkap oleh pihak yang berwajib. 

Maka dalam waktu singkat posisinya akan digantikan oleh orang lain dan membentuk organisasi/kartel baru. Demikian pula dengan ransomware Cryptolocker yang rupanya memberikan keuntungan finansial cukup besar bagi pembuatnya. Tempatnya yang sekarang kosong dan langsung digantikan oleh ransomware lain. 

Saat ini ancaman yang paling jelas dan nyata adalah ransomware dengan nama Cryptowall (Gambar 1). Dari sisi korbannya bahkan Cryptowall berhasil menginfeksi sekitar 625.000 komputer di seluruh dunia, lebih tinggi 100.000-an komputer dari Cryptolocker dan tidak seperti Cryptolocker yang secara teknis sudah mati, cryptowall sampai saat ini masih aktif mencari korban baru. Cryptowall menyebarkan dirinya melalui lampiran spam email (drive by download) dan instalasi oleh malware lain yang telah menginfeksi komputer terlebih dahulu.

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts